Rabu, 16 September 2009

Tradisi Balimau : Bergembira Mandi Bersama

Do you know about tradition of Balimau ?? hmm. Tradisi ini yaitu tradisi masyarakat Sumatera Barat yang biasa di adakan setahun sekali dalam menyambut bulan Ramadhan atau bulan puasa .Tujuan tradisi ini untuk membersihkan diri sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Mandi Suci
Bagi masyarakat Minangkabau, balimau memiliki pengertian membersihkan diri yang sifatnya wajib. Semua golongan termasuk anak-anak, remaja, kakek, nenek mandi secara bersama-sama dengan penuh kegembiraan. Mereka menceburkan diri ke air, akan terus bertahan membersihkan diri hingga tubuhnya menggigil. Tak heran bila masyarakat baru akan beranjak dari lubuk dan danau menjelang matahari terbenam. Artinya, mandi bersama akan selesai menjelang sore hari.

Seperti Hari libur
Balimau seperti piknik bagi masyarakat Minangkabau. Karena semua orang beramai-ramai menuju tempat pemandian. Jalan menuju tempat pemandian biasanya penuh, sehinnga menimbulakan kemacetan. Tempat pemandian favorit yaitu Lubuk Minturi, Lubuk Peraku, dan Pantai Padang. Tempat yang paling banyak dikunjungi yaitu Danau Singkarak .

Ditambah Ramuan
Tradisi ini sudah ada sejak abad 19. Pada saat mandi, biasanya masyarakat menambahkan ramuan yang akan dicampurkan di air hangat. Ramunnya antara lain daun pandan, bnga kenanga, serta limau (jeruk nipis). Yang bermanfaat untuk meluruhkan lemak. Mungkin karena menggunakan limai , tradisi ini di kenal dengan ’Tradisi Balimau”. (orbit)

1 komentar: