Rabu, 16 September 2009

Bahaya Antibiotik

Anitobik ada yang berbentuk kapsul, tablet, sirup atau obat luar. Artinya antibiotik dapat kita beli secara bebas tanpa resep dokter. Bagaimana pun kita harus waspada, karena abtibiotik dapat menimbulkan efek samping yang dapat merugikan kesehatan kita.
Antibiotik adalah sejenis kimia yang dipakai untuk menghentikan infeksi, agar penyakit tidak menjadi lebih parah dengan cara menghambat atau menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri, fungi, atau protozoa yang merugikan.
Kesalahan yang paling umum pada saat kita menggunakan antibiotik adalah tidak menghabiskan semua obat antibiotiknya. Hal ini dapat menyebabkan bakteri penyakit tidak mati seluruhnya. Bahknakan sebaliknya, bakteri menjadi ’resistan’ terhadap antibio-tika. Kesalahan lainnya yaitu menggunakan antibiotik pada penyakit ringan seperti flu.Pemakaian antibiotika sesecara sembarangan juga berbahaya. Hal ini di sebabkan karena bakteri menjadi kebal. Pada saat awal menggunakan antibiotik dapat membunuh bakteri. Tapi jika bakteri in kembali lagi, ia dapat menyesuaikan diri untuk bertahan terhadap antibiotik.
Antibiotik juga dapat menyebabkan diare. Jika antibiotik dari luar dapat menimbulkan alergi kulit atau gatal-gatal. Artinya bila tidak cocok, antibiotik dapat menimbulkan gejala kerusakan bagian tubuh manusia. (orbit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar