Rabu, 16 September 2009

cool fact ! special about fruits

Collen Porter dari Hawaii dicatat The Guinness Book of World Records sebagai pemilik mangga tersecar di dunia. Buah mangganya berbobot 5 pounds, 7 ounces, nyaris sebesar kepala manusia. Bila melihat rekornya, bukan tak mungkin di luar sana nbanyak buah yang lebih besar. Hanya saja tidak diukur dan tidak repot-repot dicatat.
Bulan Juni 1998, Guinness Book of World Records mencatat rekor Gelas Jus Jeruk Terbesar di dunia. Gelas itu tingginya 8 kaki, sementara jus jeruknya di dalamnya mencapai tinngi 6 kaki 9 inchi dengan volume sekitar 611.18 galon. Jus ini dibuat dari Jeruk Florida.
HIngga tahun 1600-an buah nanas masih belum banyak dikenal. Begitu bernilainya buah nanas yang saat itu masih langka, sampai-sampai Raja Charles II dari inggris pun berpose resmi saat menerima buah nanas sebagai hadiah.
The Guinness Book of World Rocords melaporkan buah semangka terbesar yang pernah ada di tahun 1990 di Arrington, Tennessee. SEmangka hasil tanaman Mr. Bill Carson itu beratnya 118.68 kg.
Pada tahun 1892 Kapten John Kidwell dari Inggris menjadi orang pertama yang mengalengkan buah nanas.
Buah nangka yang tercatat di The Guinnesse Book of World Records. Padahal beratnya hanya 34 kilogram saja.
Para arkeolog China berhasil mengungkap rahasia sebuah kebun kuno milik Kerajaa masa lalu. Sisa-sia kebun tersebut terdapat di provinsi Guangding (hayoo di mana?), berumur sekitar 2000 tahun (mungkin saat ini sudah lebih). Anggota keluarga pemilik kebun ternyanyata mengonsumsi beragam buah seperti leci, buah ziatun hitam, melon, kesemek, kurma, anggur dan apel. Yang menarik lagi Ilmuan menemukan lebih dari 100.000 biji buah-buahan yang tersimpan baik di dalam sumur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar