Rabu, 16 September 2009

Opera pinokio (Pinokio Berbahasa Jepang )

Negara Jepang pernah membawakan kisah pinokio dalm teater konnyakuza. Cerita Pinokio sendiri di pilih karena cerita ini populer di seluruh dunia. Meski pertunjukan ini disebut opera, opera yang ini berbeda dengan opera lainnya. Jangan heran, karena teater konnyakuza terkenal sebagai kelompok teater yang mengembangkan metode pertunjukan yang inovatif. Hal ini terlihat jelas dari pementasan mereka yang hanya terdiri dari beberapa orang pemain dengan musik ansamble yang sederhana. Selama pementasan berlangsung, penonton tampak selalu bergerak, tak ada yang diam bengong. Pertunjukan ini disutradarai oleh Ito Tae.
Opera ini terdiri dari empat penyani opera, satu pemain piano. Karena hanya menggunakan 4 pemain, maka satu pemain memerankan berbagai peran. Kecuali yang menjadi tokoh utama seperti Pinokio. Karena ini adalah pertunjukan opera, tidak hanya dapat berakting, tetapi juag harus mampu bernyanyi, menari, dan di beberapa bagian mereka harus memainkan alat musik. Sebagian besar dialog dalam opera ini harus dinnyanyikan.
Pada penataan panggungnya, di atas panggung hanya terdapat sebuah grand piano dan 6 buah karung besar. Karung tersebut berisi sebagai tempat kostum dan properti. Karung juga digunakan sebagai tempat berganti kostum oleh para pemain dengan bersembunyi di belakang karung.Opera ini dibawakan dalam bahasa jepang agar jalan ceritanya dapat lebih dimengerti. (orbit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar